Isuaceh.com

Hukum

Terbukti Korupsi dana Tsunami Cup, Adik Irwandi Yusuf Dituntut 6,6 Tahun Penjara

BANDA ACEH – Dua Terdakwa kasus dugaan korupsi Aceh World Solidarity Cup (AWSC) atau Aceh Tsunami Cup 2017 masing-masing dituntut 6,6 dan 4 tahun penjara.

Dua Terdakwa dalam kasus tersebut adalah Muhammad Zaini atau Bang M (adik Irwandi Yusuf) selaku pembina AWSC dituntut 6,6 tahun penjara.

Sementara Mirza Bin Ramli selaku Bendahara AWSC dituntut 4 tahun setelah dikurangi masa tahanan yang telah dijalani.

Tuntutan tersebut dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Banda Aceh, Teddy dalam sidang lanjutan beragendakan tuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banda Aceh, Selasa (24/1/2023).

Para Terdakwa dinyatakan telah terbukti secara sah bersalah dan melakukan tindak pidana korupsi serta perbuatan melawan hukum sebagaimana diatur dalam Pasal 2 Ayat (1) Jo Pasal 3 Jo Pasal 18 JO Pasal 8 UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” kata JPU.

Terdakwa Muhammad Zaini dituntut harus membayar denda sebesar Rp500 juta dengan subsider 6 bulan serta uang pengganti Rp730 juta dalam kurun waktu satu bulan, jika tidak dibayar maka akan disita harta bendanya, kemudian kalau tidak mencukupi akan di ganti dengan kurungan 3,3 tahun penjara.

Baca Juga:  Jelang Rapat Perubahan UUPA, Spanduk Tolak Revisi UUPA Berkibar di Depan Gedung DPRA

Sementara Terdakwa Mirza Bin Ramli harus membayar pidana denda sebesar Rp300 juta subsidair selama tiga bulan kurungan.

Kedua Terdakwa telah menyebabkan kerugian Negara Rp2,8 miliar berdasarkan laporan Hasil Perhitungan Kerugian Keuangan Negara (PKKN) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Aceh pada 5 November 2021.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top